Membuat Windows Live CD Agar Bisa di Jalankan Dari USB Flashdisk

Jumat, 10 Juni 20110 komentar

Membuat windows xp live cd agar bisa dijalankan dari flashdisk caranya hampir sama dengan Install Windows XP lewat USB Flash Disk.
Untuk membuat flash disk bisa dipakai boot anda membutuhkan dua software penting :
  1. BartPe (PE Builder)
  2. PE to USB3.0.0.7  atau  PE To USB 3.0.0.8
Cartan : Pada tutorial ini saya menggunakan PE To USB 3.0.08
             Untuk mempercepat download gunakan IDM
Berikut langkah-langkah membuat PE dan memindahkan ke USB : 
  • Step1 : Format flashdisk dengan software HPUSBDisk.exe download disini. Perhatian !! proses format flashdisk akan menghapus data-data didalamnya, silahkan backup data penting anda didalam flashdisk.
  • Step2 : Instalasi BartPE dan membuat PE (Portable Executable) dari sumber CD original Windows XP. Jalankan pebuilder3110a.exe, prosesnya sama aja tinggal next-next. Setelah selesai PEbuilder akan diaktifkan.
Untuk kotak Source diisikan file Windows XP yang akan digunakan. Apakah dari file iso atau dari CD didalam CD Room drive. Untuk kotak Output biarkan defaultnya yaitu di direktori c:\pebuilder3110a\BartPE. Pada kotak Media Output biarkan pilihan pada None. Pilihan ini akan membuat file hasil kreasi BartPE disimpan ke direktori c:\pebuilder3110a\BartPE. Klik tombol BUILD untuk memulai kreasi BartPE dari file Windows XP atau file iso Windos XP, tunggu hingga proses selesai.
Setelah selesai klik tombol Close lalu tutup software PE Builder.
  • Step3 : Memindahkan file hasil build PE Builder ke USB menggunakan PE To USB.
Jalankan file PEToUSB.exe
Pastikan Flashdisk sudah ditancapkan ke USB. Jika hanya ada satu flashdisk yang ditancapkan di port USB maka secara otomatis flashdisk tersebut akan muncul di list device PE To USB. Pastikan flashdisk yang ingin digunakan sebagai BartPE. SELAMATKAN DATA di dalam flashdisk karena kita akan mem-FORMAT-nya.
Pada kotak Format Optionen centang pilihan Erlaube Formatieren (kira-kira artinya Enable Format gitu). Pilihan lainnya nggak usah diutak-atik.
Pada kotak Quellpad zu BARTPE/WinPE Files pastikan direktori tempat menyimpan file kreasi BartPE sudah benar seperti pada Step 1 diatas. Kalau sudah klik tombol Start. klik Yes 2 x untuk melanjutkan proses. Tunggu hingga proses menyalin PE selesai, lalu tutup program PE To USB.
Hingga proses ini selesai anda sudah bisa booting lewat USB Flashdisk !

Cara Setting Konfigurasi bios agar booting dari Flashdisk
Untuk masuk ke sistem BIOS caranya cukup mudah, ketika komputer atau laptop baru dinyalakan langsung saja tekan tombol keyboard yang khusus untuk masuk ke BIOS, tombol bios ini untuk setiap manufaktur berbeda beda, antara lain tombol  F1, F2, F3, ESC, Del. Namun yang sering saya jumpai adalah tombol F2 atau DEL.  Menekan tombol BIOS terkadang tidak cukup satu kali, jadi tekan beberapa kali sampai masuk ke sistem BIOS. Kemudian masuk ke halaman Boot dengan cara menekan tombol panah kanan pada keyboard kamu. Pada halaman Boot perhatikan dan Pilih pada USB HDD, dengan cara menekan tombol panah bawah pada keyboard kamu, sehingga USB HDD menjadi berwarna putih. Langkah selanjutnya, jadikan USB HDD sebagai booting diurutan pertama, caranya tekan Tombol  ( + ) atau panah atas pada keyboard kamu, nanti USB HDD akan bergeser ke atas.
Jika sudah, silahkan tekan tombol F10 untuk menyimpan setting konfigurasi bios kamu.
oh iya, jangan lupa tombol (+) biasanya jadi satu dengan tombol ( = ), jadi jangan lupa untuk bisa menekan tombol + harus diikuti tombol SHIFT.

Semoga Toutorial tentang Membuat Windows Live CD  Agar Bisa di Jalankan Dari USB Flashdisk di atas cukup jelas dan mudah dipahami,  dan saya harap apa yang saya tulis di atas bisa anda praktekan dengan dengan lancar dan mudah. Jika ada kesulitan berikan komentar!!!!


NB:
Disini link download saya ubah ke format adf.ly. Jadi sobat blogger di haruskan menunggu 5 detik untuk ke tahap selanjutnya. Kemudian klik SKIP AD
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Udo Febrian | ABI | Pemuda-Pemudi Muslim
Copyright © 2011. Zona Study - All Rights Reserved
Template Created by Muslim Saintist Published by PPM
Proudly powered by Blogger

Selamat datang di Website pribadiku

www.udofebrian.cc.cc

Semua artikel yang ada di web ini adalah catatan dan juga cerita tentang diriku serta artikel ini sebagai penyalur kreatifitas hidupku. Aku suka membaca dan menulis maka aku buat artikel sebagai tempat dimana aku bisa menyalurkan hobiku.

Pertahtian buat pembaca

Mohon setelah baca tinggalkan komentar dan juga bagikan jika bermanfaat.

Profile Lengkap

Nama
Febrian Iskandar

Alamat
Palembang, Indonesia

Hobi
Membaca dan Menulis

Facebook
Udo Febrian

Twitter
@Udofebrian92

Status Hari ini

Assalmaualikum wr wb.
"Kalian adalah umat terbaik yang diutus untuk manusia. Kalian menyuruh kepada yang makruf dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahlul Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka; di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik."
(Ali-Imran : 110)